Diposkan pada 25-08-2017
326
0

Kabupaten Sukabumi - Polisi menangkap pria inisial OS (31). Ia diduga telah mencemari lingkungan melalui aktivitas pembuatan pemurni emas dengan menggunakan bahan kimia berbahaya.

Perbuatan tersebut OS lakoni di dekat tempat tinggalnya, Kampung Cileuleuy, RT 03 RW 04, Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

"Dia mengolah bahan kimia jenis merkuri atau air raksa untuk memurnikan emas dari hasil tumbukan batu sinabar. Warga yang mengetahui perbuatannya melapor ke polisi," kata Kapolres Sukabumi AKBP M Syahduddi di Mapolres Sukabumi. Jumat (25/8/2017).

Polisi menciduk tersangka OS pada pertengahan Agustus ini. Sejumlah barang bukti disita polisi di antaranya cairan merkuri seberat dua kilogram, lima kilogram serbuk besi, limbah batu sinabar yang sudah ditumbuk, tabung pembakaran, ember plastik, timbangan dan alat menumbuk.

Syahduddi menjelaskan kegiatan tersangka OS tersebut tidak memiliki standar sanitasi, termasuk bak penampung limbah. Warga setempat yang mengetahui hal tersebut khawatir terjadi pencemaran. Terlebih lagi aktivitas OS menggunakan bahan kimia B3 itu tidak berizin.

"Dia mengolah dan membuat bahan kimia berbahaya itu secara ilegal. Tersangka masih kita mintai keterangan terkait aktivitasnya itu, berikut mencari tahu siapa saja yang terlibat," ujar Syahduddi didampingi Kasatreskrim Polres Sukabumi AKP Dhoni Erwanto.

OS disangkakan melangar Pasal 158 atau Pasal 161 Undang-undang (UU) Nomor 4 tahun 2009. Ia terancam hukuman 10 tahun penjara. 

Berita Terkait

Komentar

Berikan Komentar